Pentingnya Adanya Surat Jual Beli

Pentingnya Adanya Surat Jual Beli


Pentingnya adanya surat jual beli- Dalam dunia bisnis, surat perjanjian jual beli merupakan suatu hal yang sangat penting untuk ke duanya, hal ini karena jika pada suatu saat timbul permasalahan surat tersebut bisa digunakan untuk memperjelas masalahnya. Perjanjian dilakukan oleh kedua belah pihak sehingga kedua belah pihak baik pihak yang jual maupun pihak yang beli mengetahui hak dan kewajibannya masing – masing. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan penjelasan secara tertulis tentang keuntungan dan kerugiannya. Hal ini berlaku untuk bisnis kecil maupun bisnis yang besar karena perannya memang sangat penting di dalam dunia bisnis. Di dalam surat perjanjian, harus ada tanda tangan kedua belah pihak yang bersangkutan yang ada di atas materai.
  • Kewajiban pembeli dan penjual
         Adapun di dalam surat perjanjian jual beli ada beberapa aspek yang harus dipahami oleh kedua belah pihak. Sebagai penjual dan pembeli harus memahami setiap spesifikasinya dan juga nilai sahamnya serta kekurangan dan kelebihannya juga resikonya. Kewajiban dari pengembang atau yang jual adalah: 
Jika dalam perjanjian, pengembang telah membuat perubahan dari Spesifikasi atau rencana yang disetujui dengan persetujuan atau seperti yang dipersyaratkan sesuai surat tersebut, pembeli berhak untuk pengurangan yang sesuai pada harga pembelian atau kerusakan jika perubahan tersebut melibatkan penggunaan bahan murah, kelalaian dari pengurangan dalam skala karya awalnya disepakati untuk dilaksanakan oleh pengembang. 
Sedangkan kewajiban dari yang beli adalah: Pembeli harus memastikan bahwa semua pembayaran karena pengembang dibuat segera sesuai dengan pembayaran jadwal dalam surat perjanjian tersebut. Pembeli akan bertanggung jawab untuk membayar bunga sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam surat perjanjian jika ada jumlah harga pembelian karena tidak dibayar dengan batas waktu yang ditentukan. Pembeli dan penjual harus memenuhi kewajiban masing-masing ditentukan dalam surat perjanjian.
Advertisement

         Jika ada pelanggaran oleh salah satu pihak, para pihak harus mengikuti langkah-langkah yang ditentukan dalam surat perjanjian untuk mencari solusi. Dalam hal terjadi perselisihan, pembeli disarankan untuk memulai diskusi dengan pengembang untuk menyelesaikan perbedaan. Pembeli mungkin ingin mempertimbangkan keterlibatan mediator profesional untuk mencapai solusi damai atau mencari nasihat hukum atas tindakan yang tepat untuk mengambil harus diperlukan. Sebagai Perjanjian Jual Beli adalah perjanjian pribadi antara penjual dan pembeli.
  • Mengubah ketentuan dalam surat perjanjian jual beli
         Semua perubahan syarat dan kondisi dalam surat perjanjian jual beli harus disetujui oleh Pengawas. Hal ini sehingga jika perubahan perjanjian telah disepakati bersama oleh kedua belah pihak yaitu yang jual dan yang beli, pengembang wajib daftar semua perubahan pada surat yang telah disetujui oleh Pengawas.
Oleh karena itu jika anda ingin menjalankan suatu bisnis baik itu bisnis kecil atau bisnis besar, alangkah baiknya jika anda memiliki surat perjanjian jual beli. Karena surat tersebut akan membantu pihak jual dan pihak beli untuk memahami perjanjian tersebut.


Sekian postingan saya tentang Pentingnya adanya surat jual beli, Semoga postingan saya ini bisa bermanfaat.


advertisement