Jalur Peredaran Darah Manusia

Jalur Peredaran Darah Manusia



Jalur Peredaran Darah Manusia- Kita mengenal 2 dua jenis sistem peredaran darah: sistem peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah tertutup. sistem peredaran darah, yang merupakan juga bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk. Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme, didukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh dan mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh.
Jalur Peredaran Darah Manusia meganut sistem peredaran darah tertutup yaitu darah yang dialirkan keseluruh tubuh selalu berada di dalam pembuluh darah.

darah

peredaran darah manusia :

BILIK KANAN => PARU-PARU => SERAMBI KIRI => BILIK KIRI => SELURUH TUBUH => SERAMBI KANAN => BILIK KANAN

        Perdaran darah manusia kita ambil dari bilik kanan, darah yang mengandung CO2 dan zat-zat sisa metabolisme sel dibawa ke paru-paru melalui pembuluh darah arteri pulmonalis. setelah di paru-paru terjadi pertukaran zat yaitu antara zat CO2 di ganti dengan O2. kemudian darah yang telah mengandung O2 dibawa kembali ke jantung bagian serambi kiri  lewat pembuluh balik vena pulmonalis. darah dari serambi kiri kemudian dibawa ke bilik kiri dan kemudian dipompa keseluruh tubuh melalui jalur :

aorta - arteri - arteriol - kapiler

pada kapiler merupakan tempat bertemunya pembuluh vena dengan arteri, disana terjadi pertukaran zat yang dibawa oleh darah yaitu O2 diberikan pada jaringan dengan zat CO2 sisa-sisa metabolisme pada jaringan sel. kemudian kapiler mengangkut zat sisa tersebut melalui jalur :
Advertisement

kapiler - venula - vena - vena kava

darah yang mengandung zat-zat sisa hasil metabolisme kemudian kembali kejantung pada bagian serambi kanan, kemudian darah dibawa lagi ke bilik kanan dan begitupun selanjutnya tiada henti sampai akhir nafas kita.

        Demikianlah penjelasan tentang jalur peredaran darah pada manusia, didalam tubuh kita ini terdapat sistem-sistem yang amat menakjubkan, betapa hebatnya YANG KUASA telah menciptakan semuanya dengan begitu sempurna.
semoga artikel saya kali ini bisa bermanfaat. untuk kritik dan saran silahkan langsung komentar dibawah ini.


advertisement